28 Maret 2019

Belajar Menulis Dengan Baik Dan Efektif, Bagaimana Caranya?

Saya yakin… di internet banyak sekali orang yang tidak pede menulis.

Apalagi jika sudah melihat tulisan dari para master menulis… wah keren-keren banget… bagaimana mungkin saya bisa menulis sebaik itu?

Banyak sekali orang yang mempunyai hasrat terpendam untuk menjadi seorang penulis. Karena pada dasarnya hampir setiap orang suka berbagi, mereka ingin mereka didengarkan, mereka ingin mengekspresikan pemikirannya… baik secara lisan atau tertulis.

Namun berapa banyak yang akhirnya menghasilkan karya mereka.. ?

Berhasil menulis sebuah cerpen, karangan, buku, tulisan yang bermutu? Jauh lebih sedikit dari yang seharusnya ada.

Ternyata, saya pernah baca, alasan dibalik itu, karena sebagian besar orang menunda dan merasa nggak pede terhadap kemampuan menulis mereka.

Nah jika anda termasuk bagian orang yang seperti itu, maka saya yakin hal-hal ini bisa memberi jalan keluar yang baik:

1. Mulailah menulis…

Sekalipun anda tidak bermaksud untuk menunjukkan ke orang lain, tulis saja. Tanpa memulai, bagaimana anda menjadi terbiasa? Tanpa terbiasa anda tidak akan pernah menjadi bagus.

Memulai sudah separuh perjalanan, sisanya akan menjadi lebih mudah.

Awali dengan menulis di sebuah buku atau notes yang sederhana dan murah. Pakai itu sebagai latihan dan tempat anda menuangkan pemikiran anda.

Saya beritahu anda, bahwa setiap orang yang sukses, mereka selalu berkata: Sudahkah anda menuliskan ide-ide anda di sebuah jurnal? Semua orang yang sukses adalah seorang penulis dan perencana yang baik, mereka menuangkan ide-idenya dalam sebuah jurnal. Tidak terkecuali.

2. Buat sebuah jurnal.

Tuliskan ide-ide anda disana. Jika anda mempunyai sebuah rencana, akan jauh lebih baik jika anda menuliskannya. Menuangkannya menjadi tulisan membuat rencana tersebut menjadi nyata. Tanpa menuliskannya itu hanya akan tetap sebuah ide saja.

Jika anda ingin membuat impian-impian anda menjadi kenyataan, langkah pertama apa? menuliskannya. Itu menjadikannya konkret dan real. ITU langkah pertama. Jika anda tidak mengambil langkah pertama… maka jangan harap anda bisa mewujudkannya bukan.

3. Nah waktunya membuatnya bisa dibaca orang lain.

Jika anda sudah terbiasa menulis di catatan atau buku, bagaimana jika sekarang kita test dengan menuliskannnya dalam sebuah blog. Internet memberi anda kesempatan besar untuk berlatih menulis. Alat itu namanya blog.

Dengan ngeblog, anda mungkin belum menghasilkan pendapatan dari sana, namun anda akan mendapatkan tempat berlatih dan belajar… dan meningkatkan kepercayan diri anda ke langit. Anda akan terbiasa dan PD dalam menulis.

Banyak orang termasuk saya, sudah mengalaminya…. dengan ngeblog, saya menjadi yakin bahwa saya adalah seorang penulis yang baik. Karena saya bukan orang lain, saya hanya perlu menjadi diri saya sendiri.

Percayalah bahwa anda unik, dan tidak perlu bakat besar untuk hanya sekedar menulis. Jika anda bisa berbicara, bisa menulis, maka anda sudah mempunyai kemampuan yang cukup untuk menghasilkan tulisan yang menarik dan baik.

Semuanya diawali dari terbiasa dulu. Jangan pikirkan apakah anda akan menjadi penulis yang baik atau tidak. Biasakan saja dulu. Dan anda mendapatkan kebiasaan dengan melatihnya.

Dan ngeblog adalah sarana berlatih menulis yang ‘AMPUH’.

Dari tulisan-tulisan anda, orang bisa memberikan komentar - masukan - feedback - dorongan yang akan membuat anda semakin senang menuliskan ide-ide anda.

Ide ada dimana-mana, anda tidak akan kehabisan ide, anda hanya kehabisan kemauan berpikir saja. Tuliskan ide-ide anda di kertas mengenai topik-topik yang akan anda tulis di blog anda.

Dan teruslah menulis sampai anda menemukan diri anda yang unik, penulis yang ada di dalam diri anda akan keluar, dan menunjukkan kebolehannya.

Suatu hari anda bisa berteriak lantang: SAYA adalah PENULIS yang BAIK - HEBAT - Menarik!

Bagaimana menurut anda? bisakah anda menjadi seorang penulis yang baik?

Artikel Terkait

Belajar Menulis Dengan Baik Dan Efektif, Bagaimana Caranya?
4/ 5
Oleh