07 Februari 2018

Kehamilan Trimester Pertama

Pengertian Hamil Trimester 1
Kehamilan Trimester Pertama Menurut (Sarwono Prawirohardjo, 2011) Federasi Obstetri Ginekologi Internasional, kehamilan didefinisikan sebagai fertilisasi atau penyatuan dari spermatozoa dan ovum dan dilanjutkan dengan nidasi atau implantasi. Trimester kesatu, dimulai dari konsepsi sampai 3 bulan (0-12 minggu).

Pada Semester awal 3 bulan pertama kehamilan, Tubuh Ibu hamil akan mengalami banyak perubahan. Dimana calon bayi mulai berkembang dalam rahim yang pada masa ini akan mengalami beberapa hal wajar seperti mual, nyeri punggung, gampang lelah, sulit BAB, Sering Kencing dan Perubahan Mood.

Kehamilan Trimester Pertama

Tanda - tanda awal Kehamilan Memasuki Trimester Pertama
a. Tidak Mentruasi (Amenore)
Kehamilan mengakibatkan dinding pada uterus (endometrium) tidak dilepaskan sehingga tidak datang bulan dianggap sebagai tanda kehamilan, selain itu tidak datang haid bisa juga terjadi pada perempuan yang mempunyai penyakit.

b. Muntah dan Mual (emesis)
Faktor dari estrogen dan progesterone menjadi penyebab keluarnya asam lambung berlebih. Mual dan muntah biasanya saat pagi hari yang disebut morning sickness. Karena mual dan muntah maka ibu hamil akan mengalami turun nafsu makan. Emesis saat hamil merupakan hal normal jika terjadinya tidak melebihi pada trimester pertama.

c. Payudara Kencang
Dikarenakan estrogen dan progesteron meningkat yang dihasilkan oleh plasenta mengakibatkan payudara kencang (tegang dan membesar).

d. Pigmentasi Kulit
Akibat stimulasi melanosit yang dipengaruhi oleh peningkatan hormon estrogen dan progesteron berefek pigmentasi kulit di area wajah (dahi, hidung, pipi, dan leher) yang dinamakan chloasma gravidarum. Pada dinding perut dinamakan (striae lividae, striae nigra, linea alba makin hitam), dan sekitar payudara (hiperpigmentasi areola mamae).

e. Gampang lelah (fatigue)
Kondisi ini dikarenakan menurunnya Basal Metabolic Rate (BMR) pada trimester pertama kehamilan.

f. Sering buang air kecil
Dorongan uterus yang semakin membesar mengarah kedepan menjadikan kandung kemih jadi terasa penuh dan sering kencing.

g. Sulit BAB
Efek dari progesteron dapat menghambat peristaltik usus menyebabkan sulit untuk buang air besar.

Perkembangan Kehamilan Trimester Pertama
Pada awal kehamilan minggu 1 sampai 3, Sel telur yang sudah dibuahi berbentuk seperti bola sel yang dinamakan blastosis saat mulai menempel di dinding rahim. Sel itu akan menempel pada rahim serta akan tetap di sana dalam jangka waktu sembilan bulan ke depan. Besarnya kira-kira sebesar kepala jarum pentul.

Mulai di minggu ke 4, janin bayi Anda masih berukuran kecil sekali dimana merupakan lapisan sel-sel yang akan menjadi organ dan jaringan. pada minggu ini, sebagian wanita yang baru hamil muda merasakan kram, mengalami keputihan, dan sedikit perdarahan. Perdarahan ini sering dianggap menstruasi, tapi sebenarnya ini merupakan pendarahan implantasi, yaitu perdarahan yang diakibatkan proses menempelnya zigot ke dinding rahim.

Pada minggu ke 5, janin dirahim Anda mempunyai panjang kira-kira 0,118 inchi mulai kepala sampai pantat dan jantungnya mulai berdenyut, serta kerangkanya sudah terbentuk. Terus plasenta dan tali pusar sudah bekerja sepenuhnya. Otak primer sudah terbentuk dan sistem saraf berkembang dengan sangat cepat.

Pada minggu 6, embrio menyerupai berudu. Pada minggu ini juga, kita bisa mengenali kepala, ekor, tangan dan anggota badan yang masih seperti tunas. Serta janin juga mulai proses pembentukan awal untuk hati, pankreas, paru-paru, kelenjar tiroid dan jantung.

Pada minggu ke 7, jantung janin sudah terbentuk lengkap. Saraf dan otot bekerja bersamaan untuk pertama kalinya. Pada akhir minggu ke-7, otak akan terbentuk dengan lengkap.

Pada minggu ke 8, embrio berubah jadi janin dengan ukuran 25-30 mm. Pada masa ini, lengan dan kaki sudah terbagi menjadi komponen paha, kaki, tangan, lengan dan bahu. Organ reproduksinya sudah mulai terbentuk, begitu juga dengan kartilago atau tulang rawannya. Telinga luar sudah terbentuk sempurna dan mata membentuk pigmen. Jantung sudah memompa dengan kuat dan iramanya teratur.

Pergerakan pertama janin dapat dideteksi dengan USG pada minggu ke 9. Dimana perut dan rongga dada terpisah sedangkan otot mata dan bibir atas sudah mulai terbentuk. Jantung telah memiliki 4 ruang.

Pada minggu 10, diafragma memisahkan jantung dan paru-paru dari perut, dan mulai otot leher terbentuk. Otak mengalami perkembangan cepat dalam minggu ini oleh sebab itu ukuran kepala lebih besar daripada tubuh janin.

Pada minggu 11, sebagian ibu hamil akan merasakan sakit kepala disebabkan meningkatnya kadar hormon dan volume darah juga akibat stress. Organ kelamin janin luar sudah terbentuk dan folikel-folikel rambut serta gigi juga tumbuh.

Pada minggu 12 (akhir trimester pertama) Ukuran janin telah berukuran sekitar 8 cm. Organ-organ vital janin sudah terbentuk. Penampakan wajah janin akan terlihat lebih normal karena mata dan telinga yang sudah mendekati bentuk akhir. Ginjal janin mungkin sudah mulai mengeluarkan urine dan sel-sel saraf berkembang dengan sangat cepat. Janin juga menunjukan refleks yang lebih kompleks dan mungkin sudah bisa mengisap. Pada usia kehamilan ini, Anda sudah melewati trimester pertama kehamilan Anda. Anda dapat merasakan area perut bagian bawah yang semakin melebar. Selain itu, Anda juga akan mulai melihat adanya perubahan pada kulit, termasuk penggelapan areola dan munculnya bercak-bercak hitam pada wajah, kulit leher dan ketiak.

Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama
1. Mulai mengkonsumsi vitamin prenatal
Penting untuk memperoleh cukup asupan asam folat saat akan merencanakan kehamilan dan selama trimester pertama kehamilan Anda.

2. Mulai berkonsultasi ke layanan kesehatan
Fasilitas kesehatan untuk kehamilan adalah hal paling penting dalam menjaga kesehatan Anda dan calon bayi Anda selama beberapa bulan mendatang.

3. Berolahraga
Manfaat dari olahraga sangat banyak pada saat kehamilan untuk Anda sendiri serta calon bayi. Anda cukup meyisihkan 30 menit per hari untuk beraktifitas fisik olah raga ringan.

4. Istirahat Yang cukup
Wajar jika merasa cepat kelelahan dan capek pada kehamilan trimester pertama. Hal ini dikarenakan dari badan Anda yang sedang beradaptasi dengan perubahan hormon yang cepat.

5. Atur pola makan sehat
Diet yang sehat dan seimbang akan memberikan nutrisi yang dibutukan untuk menjamin kesehatan Anda dan bayi Anda. Ingatlah bahwa Anda tidak memerlukan kalori ekstra dalam trimester pertama Anda. Yang paling penting, rancang menu makan Anda untuk memenuhi asupan dari lima nutrisi utama: asam folat, kalsium, zat besi, zinc, dan serat.

Makanan Sehat Ibu Hamil Trimester pertama
1. Roti, sereal, kentang dan nasi. Makanan ini bagian utama dari diet karena mengandung karbohidrat, protein nabatidan vitamin B, makanan rendah lemak sangat baik untuk ibu hamil.

2. Gandum mengandung lebih banyak vitamin dan mineral, zat besi dan asam folat adalah pilihan yang baik selama kehamilan.

3. Daging, ikan, ayam, telur, kacang-kacangan merupakan sumber utama protein hewani, vitamin dan mineral yang baik.

4. Konsumsi juga ikan sarden atau salmon setiap minggu untuk mendapatkan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak janin.

5. Susu adalah minuman yang mengandung kalsium tinggi yang baik untuk pertumbuhan tulang janin dan merupakan sumber protein yang baik.

Larangan Ibu Hamil Trimester Pertama

1. Terlalu Capek
2. Pikiran Stres
3. Naik/turun tangga
4. Memakai sepatu hak tinggi
5. Melakuan Pijat perut
6. Refleksi kaki
7. Hubungan intim / menggunakan kondom sampai dengan umur kandungan 5 bulan

Simbwox - Kehamilan Trimester Pertama
Tags: Pengertian, Menjaga, Cara, Tips, Gejala, Ciri, Sehat, Awal, Tanda, Telat Haid, Contoh, Perkembangan bayi, Larangan, Hubungan Suami Istri, Senggama, Bercinta, Semester, makalah

Artikel Terkait

Kehamilan Trimester Pertama
4/ 5
Oleh