14 Februari 2017

Menurut AlQuran Bentuk Bumi Sebenarnya?

Menurut AlQuran Bentuk Bumi Sebenarnya? Pada mulanya, manusia percaya bahwasannya bumi itu berbentuk datar. Sudah berabad-abad, manusia tidak pernah menjelajahi bumi terlalu jauh, sebab mereka khawatir jatuh dari tepi bumi. Mari kita mulai dari beberapa penemuan yang mengungkapkan bahwa bumi itu bulat. Tahun 1597 = Sir Francis Drake adalah orang pertama yang membuktikan bahwa bumi ini bulat,ia berlayar sekitar tahun 1597.

Sebetulnya sebelum Galileo, kalangan ulama dan ilmuwan pernah lebih dulu mengatakan bahwa bentuk bumi bulat. Ilmuwan Islam, Ibnu Khaldun (1332–1406M / 732H–808H): “Ketahuilah, sudah jelas di kitab-kitab para ilmuwan dan peneliti tentang alam bahwa bumi berbentuk bulat….” (Muqaddimah Ibnu Khaldun, Kairo).

Selanjutnya Ulama Islam, Ibnu Taimiyah (1263-1328M): “Ketahuilah, bahwa mereka (para ulama) sepakat bahwa bumi berbentuk bulat. Yang ada di bawah bumi hanyalah tengah. Dan paling bawahnya adalah pusat….” (Al-Jawab Ash-Shahih li Man Baddala Din Al-Masih).

Bagi Qazuaini (seorang ilmuwan), salah satu bukti bumi berbentuk bulat adalah bintang-bintang dan planet-planet yang berbentuk bulat (Atsar Al-Bilad wa Akhbar Al-Bilad). Selain mereka, masih banyak ilmuwan dan ulama Islam klasik yang menyebutkan di dalam bukunya bahwa bumi berbentuk bulat.

Artikel Terkait

Menurut AlQuran Bentuk Bumi Sebenarnya?
4/ 5
Oleh