09 Januari 2017

Akibat Mati Listrik Komputer Rusak

Akibat Mati Listrik Komputer Rusak
Komputer rusak Wuahh,, Sungguh menyebalkan kawan, gimana tidak sebal karena saat asyik maen game di komputer tak ada angin hujan badai tiba-tiba mati lampu *listrik*!! ARGHHH!!!. Dan selain membuat kecewa dan marah, akibat mati listrik komputerku rusak. Setelah beberapa jam mati listrik dan mulai hidup kembali, aku nyalain lagi tu komputer, Eee.. sampai loading windows XP selesai ternyata tak seperti biasanya. Karena komputer tersebut menampilkan beberapa tulisan dalam Bahasa Inggris yang intinya ada beberapa Erorr di hardware/Software komputerku tersebut.

Hati dan jiwaku pun langsung gundah gulana dan sangat sedih kawan, gimana tak sedih karena dari komputer tercintaku itulah aq dapat menghasilkan beberapa receh uang untuk biaya kuliah dan jajan bulanan. Sekali lagi ku coba nyalain itu komputer, dan seperti ceritaku tadi windows tak kunjung menampilkan destop layar dan berulang-ulang kejadiannya seperti itu.

Dan kurang lebih 40 menit, akhirnya aku simpulkan bahwasannya mungkin hardware VGA (kartu grafis komputer) aku yang rusak seperti setengah tahun yang lalu karena untuk nonstop maen game berat (Grafis yg membutuhkan hardware VGA yg bagus). Tanpa babibu lagi akhirnya aku tancap gas membeli VGA baru dan setidaknya yg lebih bagus dari VGA yg kemarin. Sampai Dirumah aku pasang, dan berdoa agar komputerku bisa menyala lagi seperti sedia kala.

Tapiii… Ternyata setelah diganti dengan VGA baru komputer tercintaku masih melakukan aktifitas seperti tadi dimana tak bisa masuk windows dan ada pesan dilayar komputer yang mengatakan ada hardware/software yg error. Wuaaaaaaahhh!! Marah bercampur sedih yang kurasakan saat itu kawan! Dah dibeliin VGA Rp.600rb yg menurutku mahal masih aja komputerku rusak!

Dan jalan terakhirpun aku lakukan, yaitu membawanya ke tempat temen yang sudah tak asing lagi dengan kerusakan2 komputer. Setelah sampai rumah temenku, langsung aja aku ceritakan kronologisnya mengapa komputerku bisa jadi erorr atau rusak. Setelah hardware2 semua dicek dan digonta-ganti dengan hardware yg lain masih error, akhinya cara terakhir untuk mengetahuinya adalah dengan menginstal ulang. Menurut temenku itu karena hardisknya eroro, ada piringan *daleman hardisk* tergores atau salah jalur karena kaget disaat bekerja *berputar* tiba2 mati listrik mendadak.

Setelah beberapa menit mencoba instal windows yg baru, akhirnya selesai juga. Setelah semua beres, inilah saat-saat yang menegangkan, dimana akan dicoba dinyalain. Dan Alhamdulillah.. akhirnya komputerku bisa hidup dan layar windowspun terpamapang jelas dilayar. Kesimpulannya, akibat dari mati listrik komputer rusak adalah di hardware hardisk. Dan kata temenku itu, alangkah baiknya menggunakan UPS *Peyimpan listrik*, agar sewaktu-waktu bila mati listrik masih ada aliran listrik di komputer yang membuat aman dari kerusakan2 komputer.

Artikel Terkait

Akibat Mati Listrik Komputer Rusak
4/ 5
Oleh