11 Januari 2017

Contoh Format CV (Curriculum Vitae) yang Baik dan Benar

Curriculum Vitae
Curriculum Vitae (CV) atau resume merupakan sebuah gambaran diri Anda. Hal pertama yang diamati perusahaan dari dalam diri seorang pelamar saat melamar suatu pekerjaan adalah CV. Adanya CV sangatlah penting karena melalui data-data di CV itulah perusahaan mendapatkan kesan pertama mengenai siapa diri kita. Dengan CV tersebut maka perusahaan akan dapat penjelasan secara singkat dan padat tentang informasi sang pelamar pekerjaan, pencapaian dimasa lalu, pengalaman terdahulu, serta relevan tidaknya diri anda terhadap posisi pekerjaan yang dilamar.

CV atau Resume untuk sebuah Perusahaan yang menyediakan lowongan kerja yaitu memperinan dalam tahap evaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang mempunyai relevansi terhadap apa yang jelas dibutuhkan oleh perusahaan. Sedangkan Curriculum Vitae bagi Pelamar yaitu mendeskripsikan kapabilitas yang dimiliki dengan cara realistis serta sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Mempunyai penulisan Format Curriculum Vitae yang baik dan benar akan menambah peluang Anda dalam menggapai pekerjaan idaman Anda. Lalu bagaimana cara membuat CV yang profesional, efektif, menarik, bagus, menjual, serta yang baik dan benar? Apa saja yang harus dicantumkan dalam sebuah CV?

1. Data Pribadi
Dibagian ini berisi nama, alamat, email, nomor handphone dan identitas pribadi lainnya. Sangat penting buat Anda untuk selalu mencantumkan nomor contact atau email, sebab itu merupakan satu-satunya cara perusahaan yang merengrut bisa menghubungi Anda lagi jika sesuai dengan kriteria yang ditetapkan.

2. Pendidikan
Dibagian ini menerangkan tentang latar belakang pendidikan dan hubungannya dengan lowongan kerja yang dilamar. Tuliskan pendidikan dari SMU ke atas termasuk juga jika ada pendidikan non-formal khusus yang Anda ikuti.

3. Pengalaman Kerja
Dibagian ini adalah bagian yang paling sering diamati oleh perusahaan yang merekrut. Pengalaman kerja dapat mengggambarkan apakah seorang pelamar tersebut telah memiliki jam terbang yang cukup atau masih terbatas. Oleh sebab itu Anda harus menjelaskan secara detail dan jelas apa yang Anda kerjakan, nama perusahaan tempat bekerja sebelumnya, posisi Anda, dan pekerjaan yang Anda lakukan sehari-hari (job description).

4. Keterampilan Yang Dimiliki
Didalam CV Anda, ada baiknya Anda perlu membeberkan keterampilan apa saja yang Anda kuasai sebagai proses belajar maupun pengalaman dari pekerjaan sebelumnya. Mungkin di bagian ini Anda dapat menambahkan keterampilan Anda dalam berbahasa lebih dari sau bahasa atau keterampilan dalam menggunakan aplikasi-aplikasi komputer.

5. Training Yang Pernah Diikuti
Masukkan data pelatihan/training apa saja yang telah Anda ikuti sebelumnya, agar memberi gambaran sejauh mana Anda telah berkembang dan wawasan apa saja yang sudah dipunyai. Jangan masukkan semua training karena jumlahnya akan sangat panjang. Pilih yang relevan dan sesuai dengan target pada organisasi yang dituju.

6. Prestasi
Ini merupakan bagian yang penting selain Pengalaman Kerja yang menjelaskan keunikan sebagai individual sekaligus pencapaian dibidang tertentu. Anda dapat menjelaskan dengan singkat prestasi dipekerjaan, pendidikan ataupun dalam bidang kemasyarakatan lainnya.

7. Kegiatan Ekstrakurikuler/Kemasyarakatan
Anda juga harus memberikan sedikit mengenai kegiatan yang dilakukan di masyarakat. Ini akan menunjukkan bahwasannya Anda dapat membagi waktu serta memiliki wawasan yang lebih luas, yang tidak hanya sebatas pekerjaan.

Untuk Contoh Format CV (Curriculum Vitae) yang Baik dan Benar bisa anda lihat pada gambar dibawah ini:

Contoh Format CV (Curriculum Vitae) yang Baik dan Benar

Tag: Contoh, Cara, Membuat, Bagus, Menarik, Efektif, Profesional

Artikel Terkait

Contoh Format CV (Curriculum Vitae) yang Baik dan Benar
4/ 5
Oleh