12 Januari 2017

Manfaat Lari Pagi Siang Sore Untuk Kesehatan

Manfaat Lari Pagi Siang Sore
Lari adalah kategori olahraga yang sangat sederhana, praktis, dan ekonomis. Kok Bisa Gan? Sebab olahraga lari tidak memerlukan banyak peralatan layaknya cabang olahraga yang lainnya. Kita hanya memerlukan sepatu dan pakaian nyaman saja untuk melakukan olahraga lari pagi, siang maupun sore hari.

Disebut sebagai olahraga yang praktis karena lari dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja, lama waktunya pun juga bisa disesuaikan dengan waktu luang kita. Walaupun begitu, manfaat lari untuk kesehatan tidak dapat diragukan, sebab pada kenyataannya dengan melakukan rutinitas olahraga lari pagi, siang dan sore hari, kita bisa memperoleh 5 manfaat seperti yang akan dijelaskan dibawah ini:

1. MENYEHATKAN JANTUNG
Lari adalah olahraga yang mempunyai efek aerobik yang sangat tinggi, dengan begitu maka dapat menguatkan jantung dan melancarkan peredaran darah keseluruh bagian tubuh manusia. Jika kita berlari secara konstan sejauh 16 Km dalam seminggu, 39% akan lebih jarang mengalami gangguan tekanan darah. Dan kita juga akan jarang menumpuk kolesterol dalam pembuluh darah hingga 34%.

2. MENGURANGI LEMAK (DIET)
Olahraga lari bisa membakar banyak lemak bersamaan dengan jumlah kalori yang di bakar saat semua bagian badan bergerak selama berlari. Lemak akan terus dibakar walaupun sudah selesai joging/lari. Seseorang yang berlari minimal empat jam dalam seminggu akan dapat membakar lemak lebih banyak daripada yang tidak melakukan kegiatan lari, bahkan ketika mereka sudah istirahat.

3. MENINGKATKAN DAYA TAHAN TUBUH
Manfaat Lari Pagi Siang Sore Untuk Kesehatan, dapat menaikkan hormon sehingga baik dalam otak kita yang bertugas dalam meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh seseorang dari berbagai macam penyakit.

4. MENJAUHKAN KITA DARI STRESS
Banyak penelitian kesehatan yang menjelaskan bahwa dengan olahraga lari maka bisa menurunkan tingkat kecemasan, mengurangi perasaan marah dan kesal, serta meningkatkan produksi antidepresi.

5. MENINGKATKAN KEMAMPUAN OTAK
Dengan menjalankan olahraga lari, sehingga jumlah supplai oksigen yang masuk ke dalam darah akan meningkat, dengan begitu akan mempercepat aliran darah menuju otak, sehingga dapat meningkatkan konsentrasi, kreativitas, serta kesehatan mental.

Dan Untuk Perbedaan Manfaat Lari Pagi, Siang, dan Sore; sebenarnya tidak terlalu banyak karena dari kelima manfaat yang dijelaskan diatas semua terpenuhi pada segala waktu melaksanakan olah raga lari. Yang membedakan yaitu:
- Lari pagi hari : Udara Oksigen masih bersih dan bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, waktu yang paling baik untuk lari.

- Lari Siang hari : Kadar oksigen menipis, maka akan memaksa paru-paru bekerja lebih keras menghisap udara berkadar oksigen rendah, yang akan berdampak lebih cepat membakar lemak dan kolesterol di badan sehingga tubuh lebih bugar.

- Lari Sore Hari : Akan memperoleh udara yang sejuk karena matahari sudah tak terlalu menyengat seperti pada siang hari. Namun Saya disini menganjutkan bila ingin mendapatkan hasil atau manfaat yang maksimal, lebih baik berlari pada pagi hari.

Tag: Untuk kesehatan, Jantung, Perut, Perempuan, Wanita, Setiap Hari, Di Tempat, Bagi Pria, Kebugaran Jasmani, Untuk Diet, manfaat lari, setiap hari, tubuh, olahraga, sebelum sarapan

Artikel Terkait

Manfaat Lari Pagi Siang Sore Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh